Ini Dia Aplikasi Pengelolaan Pesantren Zaman Now

Aplikasi ini sengaja dikebut pembuatannya di bulan ini. Mengingat bulan syawal adalah bulan dimana hampir semua pondok pesantren melakukan pembukaan pendaftaran untuk santri baru. Sedangkan saat ini seluruh masyarakat, tak terkecuali pesantren masih harus mentaati protokol kesehatan demi mencegah penularan wabah Covid-19. Harapannya dengan diluncurkannya pesantri.com sesegera mungkin dapat membantu pesantren dalam melakukan proses pendaftaran santri baru.

Aplikasi ini akan disediakan gratis bagi pesantren yang berminat menggunakannya. Bahkan tim pesantri.com juga akan memberikan training serta pendampingan kepada para petugas administrasi atau para pengurus pondok secara gratis.

Tidak dapat dipungkiri untuk beralih dari pencatatan manual ke sistem yang lebih otomatis akan membutuhkan waktu. Terlebih bagi pesantren-pesantren di pelosok desa yang mungkin masih awam secara teknologi. Sehingga selain tim pesantri.com akan memberikan pelatihan secara gratis. Aplikasi ini sengaja dibuat simple dan masih memungkinkan pesantren untuk melakukan pencatatan data secara manual.

“ini adalah sedikit apa yang bisa kami lakukan untuk syiar pesantren. Kami berharap pesantren lebih bisa menyesuaikan dengan tuntutan zaman, terlebih masa Covid-19 semuanya dituntut untuk serba jaga jarak. Sehingga kami ingin sedikit membantu pesantren agar bisa tetap berjalan meskipun ditengah pandemi. Kalau ngaji online sudah banyak video converence, tapi kalau untuk pendaftaran online ya ada tapi kebanyakan masih berbayar dan tidak pesantren friendly, karena bukan orang pesantren yang bikin” Jelas Ulul.

Nantinya penggunaan aplikasi ini tidak perlu melakukan instalasi dan memikirkan masalah server, keamanan dan maintenance. Karena pesantri.com berbasis SaaS (Software as a Services atau perangkat lunak berbentuk layanan), jadi semua sistem pesantren yang ada akan tersimpan dalam satu Cloud Server.

Kelebihan yang lain untuk memudahkan penggunanya, pesantri.com ini juga nantinya akan real time dalam melakukan sinkronisasi data. Selain itu, dapat dioperasikan lebih dari satu user dan admin (multi user); bisa diakses melalui HP, Laptop maupun PC, keamanan data terjamin dan juga dapat memberikan laporan secara otomatis.

Kemudian fitur-fitur yang disediakan selain pendaftaran santri dan juga pembayaran (SPP, pendaftaran dan uang gedung). Pesantri.com juga menyediakan fitur pencatatan alumni, laporan pendaftaran, laporan keuangan dan analisa asal daerah santri.

Apabila terdapat pesantren yang tertarik untuk memesan dan menggunakan aplikasi ini cukup masuk ke laman pesantri.com. Kemudian dapat menghubungi kontak Whatsapp yang sudah tersedia di laman tersebut. Tim pesantri.com akan responsif dan langsung membalas pesan tersebut.

Sumber: Valito.com

Pages: 1 2

Back to top
%d bloggers like this: