Berkah Covid -19, Santri ini Ciptakan Aplikasi yang Memudahkan Pesantren dan Wali Santri

Dampak Pandemi Covid-19 dirasakan oleh semua kalangan, tidak terkecuali Pesantren. Upaya pemerintah untuk mengatasi penyebaran Covid-19 dengan menerapkan beberapa protokol kesehatan; seperti menjaga jarak, menggunakan masker dan menghindari keramaian; akhirnya juga membuat semua pesantren memulangkan para santrinya. Karena hampir tidak mungkin pesantren dengan ratusan bahkan ribuan santri di dalamnya dapat mentaati protokol kesehatan tersebut. Apabila tetap melaksanakan kegiatan di dalam pesantren.

Agar kegiatan belajar mengajar di pesantren tetap dapat berlangsung, beberapa pesantren kemudian membuat sistem yang memungkinkan para santri tetap bisa mengaji di rumah secara online melalui beberapa aplikasi video conference yang sudah tersedia.

Namun demikian permasalahan tidak selesai di situ. Karena bulan Syawal adalah bulan di mana hampir kebanyakan pesantren melakukan pembukaan untuk pendaftaran santri baru; dan kebetulan juga saat ini bertepatan dengan selesainya pembelajaran di semester genap untuk siswa-siswi sekolah. Sehingga sekolahpun juga sudah saatnya melakukan pembukaan pendaftaran untuk siswa baru.

Di tengah pandemik ini tentunya pesantren juga membutuhkan solusi untuk permasalahan ini. Karena tidak mungkin orang tua (wali) akan mendaftarkan anak-anaknya secara langsung dengan datang ke pesantren. Terlabih yang berada di zona merah.

Baru-baru ini untuk menjawab permasalahan tersebut beberapa alumni pesantren membentuk sebuah tim terdiri dari para profesional IT. Selain itu, mereka juga memiliki latar belakang pesantren. Tim tersebut di inisiasi dan dikomando oleh Ulul Albab (alumni pesantren Zaenul Hasan, Genggong). Kemudian membuat sistem informasi yang dapat memudahkan pesantren dalam melakukan kegiatan adminitratif pesantren seperti pendaftaran, pembayaran SPP dan sebagainya. Sistem ini bernama pesantri.com.

Jika beberapa aplikasi video conference dapat menjadi solusi untuk melakukan ngaji di rumah. Aplikasi ini dapat menjadi solusi agar pesantren dapat melakukan proses penerimaan santri baru di tengah pandemi dengan mentaati protokol Kesehatan.

Selain fitur pendaftaran santri. Pesantri.com juga memiliki beberapa fitur lainnya, yaitu Pembayaran (meliputi SPP, pendafataran, uang Gedung) dan Pencatatan Alumni. Kemudian juga fitur Laporan Pendaftaran, Laporan Keuangan dan Analisa Asal Daerah Santri. Fitur-fitur tersebut bertujuan untuk mempermudah pengguna dari beberapa sisi; terutama dari sisi orang tua (wali santri), pengasuh pesantren dan para pengurus pesantren.

Ulul Albab selaku inisiator dari pembuatan aplikasi ini mengatakan bahwa “ini adalah aplikasi dari santri untuk pesantren. Harapannya dengan adanya aplikasi ini pengelolaan pesantren bisa lebih mudah dan efisien”.

Aplikasi ini memiliki beberapa kelebihan. Di antaranya karena aplikasi ini menggunakan sistem terpadu berbasis SaaS (Software as a Services atau perangkat lunak berbentuk layanan) maka memungkinkan semua sistem pesantren yang ada tersimpan dalam satu Cloud Server, keuntungannya bagi pesantren yang akan menggunakan aplikasi ini nantinya tidak perlu memikirkan instalasi, server, keamanan dan maintenance.

Selain itu, pesantri.com memiliki kelebihan dapat digunakan multi user dan admin; melakukan sinkron data secara realtime, dapat diakses melalui HP, Laptop maupun PC; keamanan data terjamin, dan membuat laporan secara otomatis, serta yang terpenting adalah mudah digunakan.

Meskipun aplikasi ini berbasis online, pesantri.com juga memberikan fitur pendukung yang memungkinkan pencatatan secara manual. Baik dalam hal pembayaran, administrasi data santri maupun pencatatan lainnya.

Aplikasi ini nantinya disediakan gratis untuk setiap pesantren yang tertarik menggunakannya dan dari pesantri.com juga akan memberikan training serta pendampingan gratis bagi pesantren-pesantren tersebut.

Sumber: Valito.com

Back to top
%d bloggers like this: